Sep 29, 2017

Contoh Komunikasi Bisnis

Tugas 1 Komunikasi Bisnis

Secara  sederhana komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang  mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun komunikasi non-verbal.

1.      Komunikasi Verbal
Merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan untuk menyampaikan pesan - pesan bisnis kepada pihak lain melalui tulisan maupun lisan. Bentuk komunikasi bisnis ini memiliki struktur yang teratur dan terorganisir dengan baik.
Berbagai macam contoh verbal misalnya :
·   Membuat dan mengirim surat teguran kepada nasabah yang menunggak pembayarannya
·         Membuat dan mengirim surat penawaran harga barang kepada pihak lain
·         Membuat dan mengirim surat pemesanan barang kepada pihak lain

2.      Komunikasi non-verbal
Bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis adalah komunikasi non-verbal. Menurut teori antropologi, sebelum manusia menggunakan kata-kata, manusia telah menggunakan Bahasa tubuh.
Berikut ini  adalah beberapa  contoh perilaku  komunikasi non-verbal :
·         Menggelengkan kepala untuk menunjukkan sikap menolak atau keheranan
·         Berpangku tangan  untuk menunjukkan seseorang dalam melamun
·         Mengerutkan dahi untuk menunjukkan seseorang sedang berpikir

Contoh komunikasi  bisnis  adalah Presentasi Bisnis.                                                                                Presentasi bisnis bertujuan untuk mempresentasikan usulan produk – produk baru, pengembangan produk baru, perluasan pasar dan sejenisnya. Presentasi yang baik akan memberikan  dampak yang baik pula bagi lembaga atau institusi yang melakukan presentasi.
Tujuan presentasi bisnis :
1)      Menginformasikan pesan – pesan bisnis kepada audiens
Salah satu tujuan presentasi bisnis adalah menyampaikan produk dan harus semenarik mungkin, sederhana, mudah dipahami, dan enak didengar audiens
2)      Menghibur audiens
Selain memberikan informasi, presentasi bisnis juga harus memberikan hiburan kepada audiens. Dalam arti bahwa untuk mencapai tujuan presentasi bisnis, pembicara harus menyelipkan humor yang mampu meghidupkan suasana namun jangan sampai lepas kendali
3)      Menyentuh emosi audiens
Dengan gaya bicara dan intonasi suara yang menarik seorang pembicara harus menggugah emosi para audiens untuk terhanyut dalam presentasi
4)      Memotivasi audiens untuk bertindak
Tujuan terakhir adalah memberikan motivasi untuk melakukan atau bertindak sesuai yang dikehendaki si pembicara.




Sumber:

Purwanto, Djoko. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2003

No comments:

Post a Comment