Tugas 1 Komunikasi Bisnis
Secara sederhana komunikasi bisnis adalah komunikasi
yang digunakan dalam dunia bisnis yang
mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun
komunikasi non-verbal.
1.
Komunikasi Verbal
Merupakan
salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan untuk menyampaikan pesan -
pesan bisnis kepada pihak lain melalui tulisan maupun lisan. Bentuk komunikasi
bisnis ini memiliki struktur yang teratur dan terorganisir dengan baik.
Berbagai
macam contoh verbal misalnya :
· Membuat dan mengirim surat teguran kepada
nasabah yang menunggak pembayarannya
·
Membuat dan mengirim surat penawaran harga
barang kepada pihak lain
·
Membuat dan mengirim surat pemesanan
barang kepada pihak lain
2.
Komunikasi non-verbal
Bentuk
komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis adalah komunikasi
non-verbal. Menurut teori antropologi, sebelum manusia menggunakan kata-kata,
manusia telah menggunakan Bahasa tubuh.
Berikut
ini adalah beberapa contoh perilaku komunikasi non-verbal :
·
Menggelengkan kepala untuk menunjukkan
sikap menolak atau keheranan
·
Berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang dalam melamun
·
Mengerutkan dahi untuk menunjukkan
seseorang sedang berpikir
Contoh komunikasi bisnis
adalah Presentasi Bisnis. Presentasi bisnis bertujuan untuk
mempresentasikan usulan produk – produk baru, pengembangan produk baru,
perluasan pasar dan sejenisnya. Presentasi yang baik akan memberikan dampak yang baik pula bagi lembaga atau
institusi yang melakukan presentasi.
Tujuan presentasi bisnis
:
1) Menginformasikan
pesan – pesan bisnis kepada audiens
Salah satu tujuan presentasi bisnis adalah
menyampaikan produk dan harus semenarik mungkin, sederhana, mudah dipahami, dan
enak didengar audiens
2) Menghibur
audiens
Selain memberikan informasi, presentasi
bisnis juga harus memberikan hiburan kepada audiens. Dalam arti bahwa untuk
mencapai tujuan presentasi bisnis, pembicara harus menyelipkan humor yang mampu
meghidupkan suasana namun jangan sampai lepas kendali
3) Menyentuh
emosi audiens
Dengan gaya bicara dan intonasi suara yang
menarik seorang pembicara harus menggugah emosi para audiens untuk terhanyut
dalam presentasi
4) Memotivasi
audiens untuk bertindak
Tujuan terakhir adalah memberikan motivasi
untuk melakukan atau bertindak sesuai yang dikehendaki si pembicara.
Sumber:
Purwanto, Djoko. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Penerbit
Erlangga, 2003
No comments:
Post a Comment